Patung Tertinggi Di Dunia, Garuda Wisnu Kencana

Patung Tertinggi Di Dunia, Garuda Wisnu Kencana – Bali memiliki satu ikon baru, merupakan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Kemarin, mahkota seberat sekitar 3,5 ton yang terbuat dari tembaga dilapisi mozaik emas terpasang di kepala dewa Wisnu. Kecuali menjadi salah satu patung tertinggi di dunia, GWK akan menjadi patung berbahan tembaga terbesar sejagat. Terpasangnya mahkota menandai hampir rampungnya pelaksanaan pembangunan GWK yang sempat tersendat selama 29 tahun.

Dengan tinggi 121 meter atau sempurna 271 meter sekiranya dihitung dari permukaan laut, plus bangunan di bawahnya, GWK akan menjadi salah satu patung tertinggi di dunia. Hadirnya diinginkan dapat menjadi energi pikat dan destinasi pelancong seperti halnya sebagian patung tertinggi di dunia. Sebagian patung keagamaan atau tokoh legenda yang menjadi ikon tamasya antara lain patung Spring Temple Buddha di China yang mempunyai ketinggian 153 m, Laykyun Setkyar di Myanmar (116 m), patung Ushiku Daibutsu di Jepang (110 m), patung Guan Yin di Sanya China (108 m) sampai patung Peter the Great di Moskow, Rusia (96 m) dan Patung Liberty di New York, Amerika Serikat (93 m).

Di Asia Tenggara, sejauh ini rekor patung tertinggi dimiliki Great Buddha di Thailand dengan tinggi 92 meter atau patung tertinggi kesembilan di dunia. Pembangunan patung ini diawali pada 1990 dan selesai pada 2008. Segala patung terbuat dari semen dan dicat dengan cat emas. Patung Buddha raksasa ini dibangun dengan prinsip theravada Buddhisme. Eksistensi patung ini menjadi salah satu destinasi pelancong penting Negeri Gajah Putih hal yang demikian. Kecuali dapat merasakan patung dengan desain dan ukiran bernuansa seni spektakuler, pelancong juga dapat merasakan estetika Kuta, Sanur, Nusa Dua sampai Tanah Lot via bagi an dada patung. Patung Garuda Wisnu Kencana yang diproyeksikan sebagai pengikat tata ruang Bali dapat di pantau dari radius sampai 20 km.

Tinggalkan Balasan